Sekilas Sejarah Viar Motor Indonesia Beberapa peristiwa dan perkembangan yang penting dari sejak Viar didirikan tahun 2000 :
Februari 2000 |
PT Triangle Motorindo didirikan |
Juli 2000 | Sepeda Motor diimport secara CBU (Completely Built-up)/utuh |
Desember 2000 | Pabrik perakitan di Terboyo Industrial Park (Semarang) selesai dibangun. Lini Mesin dan rangka mulai didirikan. |
Juli 2001 | Perakitan secara CKD (Completely Knocked-Down)/terurai dimulai |
Oktober 2001 | Proyek VIAR Taiwan Motorcycle – generasi Apollo dimulai |
Desember 2001 | Perakitan VIAR Apollo dilakukan secara IKD dengan mengunakan komponen mesin Taiwan dan dibantu oleh tenaga ahli dari Taiwan |
Juni 2003 | Pabrik terintegrasi tahap II resmi beroperasi dan VIAR generasi Speed mulai diproduksi. Pengunaan komponen lokal semakin digalakan dalam generasi Speed |
Oktober 2004 | Pengembangan jaringan penjualan, servis dan suku cadang yang lebih intensif dan menyebar pada wilayah seluruh Indonesia dimulai |
Februari 2006 | VIAR Generasi Star dimulai dengan tema “MOTOR MURAH TAPI BUKAN MURAHAN” |
Juni 2007 | Pabrik terintegrasi tahap III selesai dan dilanjutkan dengan pengembangan line produksi, QC, R&B, serta Teknologi Engineering untuk masa depan |
Juli 2007 | Pembangunan Pabrik terintegrasi Tahap IV dimulai persiapan pembangunan kawasan industri otomotif yang modern dan terpadu. Investasi tahap I sebesar 20 juta USD. |
Desember 2009 | Launching Motor varian Sport VIX-R di Seluruh Indonesia |
Juni 2010 | Launching skutik pertama VIAR yaitu VIOR 125 |
Oktober 2010 | VIAR Karya 200 cc mendapatkan penghargaan sebagai The Best Motor Niaga 2010 – versi majalah motorev |
April 2011 | Viar VIOR 125 mendapatkan penghargaan sebagai The Best Value dari tabloid Otomotif |
Mei 2011 | Pabrik di Bukit Semarang Baru resmi mulai beroperasi. Seluruh proses produksi dilakukan di pabrik terbaru VIAR |
Juli 2012 | Membuat divisi Karoseri untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat akan kendaraan roda 3 dengan box standar maupun customized design |
Agustus 2012 | Launching Motor varian Karya 150 & 200 Long Chassis |
Juni 2013 | Launching Motor varian Bebek V 100 |
Juni 2013 | Pembangunan terintegrasi Tahap V perluasan gudang (bagian utara) untuk penyimpanan sparepart dan unit jadi. |
Juli 2013 | Launching Motor varian Sport VSR 200 Cc |
Februari 2014 | Launching Motor varian Karya BIT 100 Cc |
Agustus 2014 | Launching Motor varian Cross X 200 SE |
November 2014 | Launching Motor varian Cross X 150 |
Januari 2015 | Launching Motor varian Karya New 150 & 200 Cc |
Februari 2015 | Launching Motor varian Karya New BIT 100 Cc |
Februari 2015 | Launching Motor varian Cross X SE 250 |
Februari 2015 | Mendapatkan Piagam Rekor MURI atas prestasi VIAR Jelajah Indonesia (VJI) menggunakan Motor Trail Cross X SE 200 Cc. |
Juni 2015 | Pengembangan Jaringan service & Sparepart sampai ke pelosok desa maupun kecamatan, melalui program “Bengkel Mitra VIAR” |
Juni 2015 | Launching Motor varian Mini Trail Cross X 100 Cc |
Juni 2015 | Launching Motor varian Karya 300 Cc |
Agustus 2015 | Launching Motor varian Mini Trail Cross X 70 cc |
Oktober 2015 | Pertama kalinya VIAR mengikuti ajang SNI Award dan berhasil meraih juara 3 dalam ajang bergengsi ini. |
November 2015 | VIAR mendapat kesempatan bekerjasama dengan departemen Luar Negeri untuk menjadi tuan rumah dalam event bertajuk “International Workshop on Automotive Technician For Pacific Countries 2015 “ |
Desember 2015 | Launching produk baru berupa ATV 100 CC dan 150 CC (Tipe Utility Vehicle) |
Januari 2016 | Launching produk baru ATV 100 CC dan 150 CC (Tipe Sport Vehicle) |
Maret 2016 | VIAR semakin mengembangkan produknya sesuai dengan keinginan pasar dengan membuat perubahan bentuk kargo untuk karya bit menjadi bentuk kargo semi bordes |